Kiprah Indonesia di Dewan HAM PBB & Dewan Keamanan PBB dalam Mendukung Pembangunan HAM dan Ekonomi Nasional

August 5, 2021UN

Penelitian ini telah dilakukan dengan seluruh upaya dan tidak akan terjadi  tanpa dukungan penuh dari berbagai pihak. Pertama, kami ingin  mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan finansial yang telah  diberikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi, LIPI, dan LPDP. Kami juga  berterima kasih atas kepada Rafendi Djamin yang telah menjadi  koordinator peneliti sekaligus ketua tim peneliti, yang telah berupaya  penuh sehingga penelitian ini dapat berjalan dengan sempurna.

Tidak luput  kami juga berterima kasih kepada seluruh peneliti Muhammad Hafiz,  Fahmi Muhammad Ahmadi, Alysa, dan Jesse Adam Halim atas kerja keras  dan usaha terbaiknya dalam menyusun penelitian ini hingga penelitian ini  menghasilkan penemuan yang sangat luar biasa, Tidak lupa rasa terima  kasih kami ucapkan kepada staff keuangan kami Indah Fatimah Saura yang  telah membantu dalam menyusun laporan, serta Daniel Awigra sebagai  Deputi Direktur HRWG yang sudah menjadi penasihat dalam kepenelitian  ini, serta seluruh tim HRWG. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih  kepada Dicky Komar dan Bona Tahitu yang telah bersedia menjadi  konsultan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Expert untuk  memberikan saran dan/atau masukan yang sangat kami butuhkan, untuk  melengkapi penelitian ini. 

Selai itu rasa terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh pihak yang  tidak terlibat langsung, namun tetap memiliki peran pada penelitian ini  yaitu seluruh Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan akademisi yang  bekerja untuk advokasi hak asasi manusia. Kami berharap hasil penelitian  ini dapat menjadi litelatur baru, dan membantu sebagai alat advokasi  internasional dalam melakukan perlindungan hak asasi manusia bagi  seluruh pihak. 

 

Muhammad Hafiz 

Direktur Eksekutif HRWG

 

Download here.

Other Articles

HRWG UPR Joint-Submission 2022

HRWG UPR Joint-Submission 2022

As human rights defenders we are obligated to be involved in the international human rights mechanism. This responsibility urges us to participate in the submission of the Alternative Reports of the Universal Periodic Review on Indonesia. These reports were prepared...