Proposal Masyarakat Sipil Regional untuk ASEAN Guideline Penempatan dan Perlindungan Nelayan Migran

October 28, 2023ASEAN, Book

Kami baru saja menyerahkan policy paper kami yang berjudul “Proposal by the Regional Civil Society Consultation for the ASEAN Guideline on the Placement and Protection of Migrant Fishers and Their Families.” Menyusul diadopsinya Deklarasi ASEAN tentang Penempatan dan Perlindungan Migran Nelayan dan Keluarganya” kepada Perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia di Jakarta (27/10).

Policy Paper ini merupakan hasil kerja HRWG dan BEBESEA yang menjadi tuan rumah konsultasi masyarakat sipil regional di Jakarta pada bulan Agustus 2023. Dengan kontribusi sekitar 40 peserta yang mewakili 25 organisasi, konsultasi tersebut menyimpulkan bahwa Pedoman yang diusulkan perlu mengartikulasikan secara tegas kerentanan pekerja di industri perikanan, khususnya mereka yang bermigrasi, dan harus mencakup ketentuan untuk memastikan pencegahan pelanggaran hak, perlindungan, dan pemulihan yang efektif bagi nelayan migran.

 

 

 

 

 

 

Foto: (dari kiri ke kanan) Reiko Harima (MMN), Natawut (EJF), Arif Hidayat (MOL RI), Daniel Awigra (HRWG/BEBESEA), Sumitha (Our Journey), Soe Min Than (Satgas ASEAN)

 

Unduh dan pelajari lebih lanjut tentang policy paper tersebut di sini

 

Other Articles